Obat Aborsi Cytotec

Tuntas Cepat dan Aman

Cara Menghitung Usia

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Ada berbagai pilihan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu yang dapat anda lakukan. Menghitungnya secara manual dengan rumus yang ditentukan, dengan perkiraan, atau bahkan sekarang Anda sudah bisa menghitung usia kehamilan secara otomatis menggunakan aplikasi yang terpasang di gadget. Dengan mengetahui usia kehamilan dalam minggu Anda dapat memberikan yang terbaik untuk calon bayi Anda tepat sesuai waktunya. Seperti buah-buahan yang cocok pada tiap-tiap trimesternya, makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama dan seterusnya, serta pantangan-pantangan pada usia kehamilan tertentu. Atau bahkan bila penasaran dengan perkembangan janin tiap minggunya, Anda dapat mengetahuinya sesuai usia kehamilan.

Kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu oleh pasangan suami istri sekaligus menjadi anugerah yang sangat indah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu banyak sekali pasangan suami istri yang biasanya tidak sabar menantikan buah hatinya untuk segera lahir dan bisa melengkapi keluarga mereka. Sebagai ibu hamil ataupun pasangan yang mendampingi ibu hamil Anda seharusnya tidak hanya menantikan kapan anak Anda akan lahir, akan tetapi juga dapat merawat kehamilan Anda dengan cara yang tepat sesuai usia kehamilan. Berikut kami bahas berbagai cara menghitung usia kehamilan dalam minggu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual

Pada umumnya usia kehamilan adalah selama 40 minggu atau sekitar 280 hari dimulai dari hari pertama haid terakhir atau yang biasa disingkat HPHT. Dan para dokter ataupun bidan pun lebih sering menggunakan hitungan minggu ketimbang hitungan bulan. Hal ini dinilai karena hitungan minggu bisa membuat perkiraan dokter atau bidan mengenai perkembangan kehamilan menjadi lebih akurat. Nah, cara menghitung usia kehamilan dalam minggu bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya:

  1. Hitungan Kalender

Mungkin cara ini adalah cara menghitung usia kehamilan yang paling klasik dan sudah sangat umum digunakan. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan metode ini, syaratnya adalah Anda harus tahu terlebih dahulu tentang siklus haid Anda. Hal ini dikarenakan hitungan kalender akan menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir dalam rumus penghitungannya. Setelah itu tanggal HPHT akan dihitung dengan rumus yang dikenal dengan nama Naegele.

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan Naegele? HPHT ditambah 7, kemudian bulan haid – 3, serta pada tahun ditambah angka 1. Rumusnya mungkin sangat sederhana, akan tetapi rumus Naegele ini biasanya lebih sering digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur, yaitu setiap 28 hari atau 30 hari.

Kami akan berikan contoh bagaimana cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dengan cara Naegele. Rumus Naegele ini juga isa digunakan untuk memperkirakan kapan anak Anda akan lahir. Hari perkiraan lahir atau HPL bisa dirumuskan HPHT-7, bulan HPHT-3, dan tambahkan 1 pada tahunnya. Akan tetapi jika bulannya tidak bisa dikurang tiga alias bulan Januari-Maret, maka jumlahkan dengan 9, tetapi pada tahunnya tidak usah ditambahkan 1. Contohnya HPHT adalah tanggal 17 Agustus 2015, maka penghitungannya 17-7 = 10 (tanggal), 8 (Agustus) – 3 = 5 (Mei) dan tahun 15 + 1 = 16. Jadi hari perkiraan lahir atau HPL adalah tanggal 10 Mei 2016. Akan tetapi HPL biasanya diberikan waktu plus minus sekitar 7 hari. Jadi kemungkinan HPL adalah tanggal 3 – 17 Mei 2016. Sedangkan cara menghitung usia kehamilan misalnya HPHT adalah 17 Agustus, berarti 17 September adalah bulan pertama, dan seterusnya

Agen Obat Aborsi © 2017 Frontier Theme